Catatan Kecil : Riding To Lombok 11-17 April 2017

Tags: , , , , ,

IMG-20170413-WA0011

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillah, setelah bertahun tahun gak nulis disini akhirnya saya sempatkan lagi. Kali ini ingin berbagi cerita perjalanan touring kami atas seizin Allah SWT dari Tangerang ke Lombok (NTB), semoga bisa menjadi referensi bagi yang ingin tahu dari segi timeline maupun biaya berdasarkan pengalaman kami.

Alhamdulillah perjalanan kami lancar dan zero “Accident” dari mulai berangkat sampai kembali lagi kerumah.

Planning touring Tangerang – Lombok ini sudah kami plan setahun sebelumnya supaya bisa mempersiapkan segala sesuatunya agar lebih matang dan juga supaya bisa booking hotel dan pesawat jauh-jauh hari.

Peserta touring kali ini hanya 4 orang dan 4 motor agar timeline perjalanan tetap terjaga dengan baik. Adapun ridernya adalah teman-teman saya dari HSFCI ( Honda Street Fire Club Indonesia ) – Tangerang.

1. Rendy TGR-004 (Yamaha Nmax)
  2. Waskita Adhi TGR-007 (Honda CB150R)
  3. Dymas (me) TGR-015 (Suzuki Burgman)
  4. Fatur TGR-064 (Yamaha Nmax)

Planning Timeline dan Rute perjalanan kami dari Tangerang – Lombok – Surabaya secara garis besar dapat dilihat di table berikut ini

Tangerang – Lombok 11-17 Apr 2017
Date Day Route
11-12 Apr 2017 Selasa-Rabu Tangerang – Surabaya via Pantura, Indramayu, Semarang, Tuban, Surabaya  (812 km)
13 Apr 2017 Kamis Surabaya – Kuta Bali via Probolinggo,  Banyuwangi, Gilimanuk, Tabanan, Kuta (430 km) exc. Kapal Ferry
14 Apr 2017 Jumat Kuta – Senggigi Lombok via Pelabuhan Padang Bai, Mataram (88 km) exc. Kapal Ferry
15 Apr 2017 Sabtu Senggigi Lombok – Gili Trawangan Lombok (60 km)
16 Apr 2017 Minggu Senggigi Lombok – Surabaya via Mataram, Denpasar, Gilimanuk, Probolinggo, Surabaya (475 km) exc. Kapal Ferry
17 Apr 2017 Senin Surabaya – Tangerang via udara, motor via Kereta Api
TOTAL 1865 Km

Sedangkan untuk Budget Planning secara umum diluar keperluan pribadi (oleh-oleh, cemilan dll) dapat dilihat di table berikut

Tangerang – Lombok Budget Plan 11-17 April 2017
Route Berangkat  : Tangerang – Semarang – Surabaya – Banyuwangi – Bali – Lombok – Senggigi – Gili Terawangan
Route Pulang : Lombok – Bali – Surabaya (motor di paketin via kereta, orang via pesawat)
No Deskripsi  Budget (IDR)
1 Bensin Pertamax Tangerang – Lombok – Surabaya 1865 km                  500,000
2 Nyebrang Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk PP 2x @22rb                    44,000
3 Nyebrang Pelabuhan Padang Bai – Lembar PP 2x @112rb                  224,000
4 Kirim Motor Surabaya – Jakarta                  500,000
5 Pesawat Citilink Surabaya – Jakarta 17 April 2017                  476,000
6 Bumi Aditya Pantai Senggigi Lombok 2 malam share bagi 2                  160,825
7 Hotel Providence Homestay Surabaya 2 malam share ber2                  111,150
8 Samudra Boutique Bali share ber 2                    69,745
9 Makan 3x dikali 5 hari @20rb                  300,000
10 Taxi Ke Bandara Juanda Surabaya 150rb share ber 4                    37,500
11 Taxi Dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang 200rb share ber 4                    50,000
TOTAL    2,473,220

Day 1 – 2 (11-12 April 2017) Tangerang – Surabaya 812 KM

Hari keberangkatan kami sepakat tikum di SPBU Daerah cibitung bekasi pukul 23.00 WIB. Sehabis pulang kerja saya istirahat sebentar trus berangkat dari rumah pukul 21.00 WIB, kebetulan lalu lintas padat dan hujan akhirnya sampe tempat tikum 23.00 kurang dikit blm ada yg dateng :)) .

Setelah semua kumpul kita start dr Cibitung Bekasi pukul 24.00 WIB dengan bensin Full Tank dan  pakai rain coat semua krn jalanan juga becek biar jaket ga kotor hehe..

Next, kami rest di daerah brebes 04.30 buat Shalat Subuh sembari istirahat sebentar jam 06.00  kami lanjut gas lagi. Kira2 jam 08.00 kami rest sarapan pagi di Pemalang. Selesai sarapan lanjut gas lagi, berhenti sebentar di alas roban untuk isi bensin lanjut gas lagi dan sekitar pukul 13.30 WIB kami rest makan siang di Demak sekaligus Sholat Jamak Dzuhur dan Ashar.

Rest Makan Siang dan Sholat @ Demak

Pukul 15.00 WIB kami lanjut gas lagi dan sampai di Perbatasan Jawa Timur, Tuban waktu magrib 18.00 rest sebentar dan Sholat Jamak Magrib & Isya lanjut gas lagi.

Perbatasan Jawa Timur @ Tuban

Lagi asik-asiknya riding di daerah lamongan kira-kira jam 20.00 tiba2 ada motor CB150R salip rombongan kami dan suruh kita minggir, ternyata Bang Fandy dr HSFCI Bengkulu lagi stay di lamongan ngajakin ngopi. Okelah kami ngopi dulu sambil ngobrol-ngobrol sebentar kebetulan mata udah agak sepet juga hehee (thx Bang Fandi buat jamuannya). Selesai ngopi lanjut gas lagi dan tiba di Surabaya jam 22.00 WIB kami bermalam di Providence Homestay daerah Dukuh Pakis, Surabaya (lumayan lah buat rest tidur)

Day 3 – Kamis 13 April 2017 ( Surabaya – Denpasar Bali) 430 KM

Hari Kamis 13 April 2017 kita prepare untuk gas lagi target hari ini malam hari sudah di Kuta, Denpasar Bali. Setelah Sholat Subuh prepare dan gas dari Homestay jam 06.00 WIB. Ternyata pagi hari pun Surabaya sudah macet 😀 gak beda jauh sama Jakarta dan Tangerang. Riding kira-kira 2 jam, kami berhenti rest sarapan jam 08.00 di Probolinggo dan kebetulan di jalan kami ketemu bikers dari Tangerang juga beliau mau mudik ke Situbondo akhirnya sarapan bareng dan riding bareng sampai Situbondo nanti.

Lanjut gas lagi target kami foto foto di PLTU Paiton, akhirnya sampai di PLTU Paiton sekitar jam 11.00 WIB lanjut foto foto sebentar.

PLTU Paiton

Start lagi gas target kami langsung Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Sedang asik-asik gas di sekitaran alun alun situbondo kami “ketangkep” sama member HSFCI Situbondo dan diminta untuk mampir dulu, tetapi kami jelaskan karena kejar waktu kami gak bisa mampir dan janji pulangnya mampir :D. Singkat kata kami lanjut gas lagi menuju Pelabuhan Ketapang melalui hutan Baluran Situbondo yang masih banyak kera liar di sisi jalannya. Nice View.

Pukul 14.30 WIB kami sudah sampai di dekat Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Saat sedang rest sejenak di mini market lalu tiba2 datang Mas Fauzi HSFCI Banyuwangi, kebetulan juga beliau kerja di kapal dan membawa kami ke jalur “khusus” penyebrangan Banyuwangi – Gilimanuk. Harga Tiket Penyebrangan Kapal Ketapang – Gilimanuk Rp. 22.000 untuk sepeda motor < 500cc. Saat dikapal pun kami di ajak ke ruang rest Nakhoda dan dijamu dengan baik (Terima kasih Banyak mas Fauzi pengondisiannya). Gak kerasa lagi ngobrol ternyata udah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, “cuma” 15 Menit aja jalur khusus ini hehehe… Mas Fauzi juga turut serta ikut nyeberang bareng kami dan kita foto-foto bareng di Pelabuhan Gilimanuk dan say goodbye 🙂

Foto bareng mas Fauzi HSFCI Banyuwangi

Foto di Pelabuhan Gilimanuk

Kami rest dulu agak lama di Masjid dekat pelabuhan untuk sholat dan ngopi2. Sekitar pukul 17.00 WITA kami lanjut gas lagi menuju Denpasar. Namun baru 1 jam kita gas, mata udah mulai ngantuk akhirnya kita rest sebentar lagi di Pantai Soka sebelum Tabanan. Jalanan pegunungan sebelum Tabanan agak berliku, berlubang dan banyak truk besar berjalan lambat. Sekitar pukul 19.00 WITA kami sampai di tabanan dan disambut oleh keluarga HSFCI Bali dan kita silaturahmi ke rumah ketua umum HSFCI Bali om Andy (om Pol) dilanjut makan malam. *Terima kasih banyak HSFCI BAli atas pengondisiannya*. Setelah dr rumah Ketum HSFCI Bali, kami lanjut ke Hotel Samudra Boutique didaerah Kuta untuk beristirahat dan persiapan gas esok harinya.

Day 4 – Jumat 14 April 2017 ( Denpasar – Senggigi Lombok) 88 KM

Hari ke 4 ini kami plan berangkat agak siang jam 09.00 WITA krn jarak Bali – Lombok yang lumayan dekat dan biar bisa agak lama istirahatnya :D. Setelah sarapan dan ngopi, kami gas jam 09.00 menuju Pelabuhan Padang Bai Bali yang berjarak sekitar 55 KM dari Hotel untuk nyebrang ke Pulau Lombok. Perjalanan menuju Padang Bai memakan waktu kurang lebih 1 jam, jam 10.00 WITA kami sampai di pelabuhan padang bai dan membeli tiket penyebrangan. Harga tiket penyebrangan Padang Bai – Lembar (Lombok) Rp. 112.000 untuk sepeda motor < 500cc.

Antrian pembelian tiket penyebrangan Padang Bai – Lembar

Ternyata bayangan kami kalau proses penyebrangan bakal lancar itu salah :)) , Di Pelabuhan Padang Bai hanya ada 2 dermaga dan hanya beroperasi 1 dermaga karena yang satunya lagi sedang perbaikan. Antrian kapal yang mau sandar dan loading pun agak lama, kami menunggu sekitar 2 jam untuk menunggu dan loading ke kapal (tau gitu jalan pagian aja dr hotel hahaha).

Okee lanjut, setelah masuk kapal kami ditawari sama ABK kapal untuk sewa kamar, ternyata mereka cari “sampingan” dari sewa kamar nakhoda, perwira dan ABK. Kamarnya sih bagus tp mereka minta 200rb, mundur deh ga jadi hehe. Akhirnya kami istirahat di ruang penumpang yang ternyata kursi dan ruangannya nyaman banget FULL AC (dalam hati bilang untung gak jadi sewa kamar ). Lama penyebrangan Bali – Lombok ini sekitar 4 jam. Baru rebahan sebentar eh ada pengumuman dari Speaker Kapal kalau di kapal juga diadakan Shalat Jumat, Alhamdulillah bisa pengalaman Shalat Jumat dikapal. Setelah jumatan kita lanjut rebahannya karena waktu penyebrangan masih sekitar 3 jam lagi.

foto dulu sebelum sandar di pelabuhan lembar

Sampai di Pelabuhan Lembar, Lombok sekitar pukul 16.00 WITA. Kami langsung gas buat nyari makan sore (dikapal ganjel P*p mie doang hehee). Kesan pertama melewati aspal pulau lombok adalah MULUS dan LEBAR jalannya, apalagi jalan menuju Senggigi sudah dibangun jalan lingkar luar. Kami berhenti di Rumah Makan Taliwang Raya untuk menikmati masakan khas lombok.

tampak depan restoran taliwang raya

Menu Makanan. Harga “agak” lumayan hahahaa

Selesai Makan kami shalat maghrib lalu langsung menuju ke penginapan Hotel Bumi Aditya Senggigi  dan sampai di hotel pukul 19.00 WITA   Sebetulnya hari ini plan kami mau liat sunset tapi karena salah perhitungan waktu di penyebrangan akhirnya batal deh udah keburu malem. Malam hari nya kami jalan-jalan di sekitar hotel sekaligus cari makan malam.

Di jalan raya senggigi berderet hotel, restoran dan bar yang kebanyakan pengunjungnya bule. Kita mah nongkrong di Indomaret aja sambil dengerin live music dari kafe sebelah trs makan malem abang nasi goreng :))

Day 5 – Sabtu 15 April 2017 (Senggigi – Gili Trawangan Lombok PP) 60 KM

Hari ini planning kami ke pulau gili trawangan Lombok. Setelah Shalat Subuh di Masjid sebelah hotel (Alhamdulillah masjidnya deket banget jd kebangun suara adzannya :D). Kami olahraga pagi dulu berenang di hotel di lanjut sarapan pagi.

olahraga berenang pagi

sarapan pagi

Selesai berenang dan sarapan jam 09.00 WITA kami berangkat menuju Pelabuhan Bangsal yang berjarak sekitar 30km dari hotel. Jadi untuk nyeberang ke Pulau Gili Trawangan kami harus naik kapal kecil dari pelabuhan bangsal. Tiket kapalnya Rp. 15.000 per orang untuk sekali jalan plus retribusi tempat wisata Rp. 2.500, dan karena di Pulau Gili Trawangan sendiri kendaraan bermotor tidak diperbolehkan masuk, maka kita parkir motor di penitipan motor pelabuhan bangsal dengan biaya parkir per hari Rp. 5.000. Tempat parkirnya cukup layak dan aman kok. Sepanjang perjalanan menuju pelabuhan bangsal tidak lupa kami foto foto dipinggir pantai.

Pantai di sepanjang jalan senggigi menuju Pelabuhan bangsal

perjalanan menuju pelabuhan bangsal

pelabuhan bangsal lombok

saat di perahu menuju gili trawangan

Perjalanan menuju Gili trawangan dari pelabuhan bangsal sekitar 15 menit. Sesampainya di Gili trawangan kondisinya cukup ramai karena long weekend juga. Kami berjalan jalan keliling pulau gili trawangan sambil cari tempat untuk bersantai. Kami bersantai sebentar dipinggir pantai sambil foto pemandangan yang indah di gili trawangan. Karena sudah mau masuk dzuhur maka kami urungkan dahulu niat untuk berenang di pantai, setelah shalat baru kami berenang di pantai. Kebetulan di Pulau gili Trawangan ada masjid yang cukup bagus dan besar. Suatu ironi dan kekaguman juga di antara jejeran cafe dan bar di sepanjang jalan gili trawangan ada sebuah Masjid besar. Singkat kata kami shalat dzuhur dan dilanjutkan dengan berenang di pantai.

Masjid Agung Baiturrahman Gili Trawangan

Gili Trawangan

Selesai berenang saatnya kami isi perut hehehee, sebagai informasi restoran dan cafe di sepanjang Gili Trawangan harganya cukup mahal karena memang segmen mereka untuk para Bule, tetapi ada warung makan masakan indonesia khas lombok dengan harga agak terjangkau lokasinya dekat dermaga agak masuk ke dalam gang. Saya kebetulan Makan pakai Nasi, Ayam taliwang, sayur, tempe orek dan Es teh manis kurang lebih sekitar Rp. 25.000.

Pukul 15.00 WITA kami kembali menuju Hotel di Senggigi. Kesan saya pribadi di Gili Trawangan, sebetulnya alamnya indah dan alami, tetapi sudah terlalu dikomersialisasi jadi agak kurang nyaman buat saya pribadi.

Hari ini kami tidur lebih awal untuk persiapan besok berangkat dini hari menuju Surabaya.

Day 6 – Minggu 16 April 2017 (Senggigi Lombok – Surabaya) 475 KM

Hari ke 6 ini kami bangun tidur jam 03.00 WITA dini hari. Badan rasanya rontok semua apalagi sambil ngebayangin rute dari Lombok menuju Surabaya :)). Target kami malam harinya kami sudah tiba di Surabaya.

Pukul 04.00 kami start dari Hotel menuju pelabuhan Lembar, dan karena memang jalanan masih sepi perjalanan ditempuh hanya 30 menit saja. Ketika sampai di Pelabuhan kebetulan juga kami bisa langsung naik ke kapal tanpa menunggu. Di pelabuhan Lembar ada 3 dermaga dan beroperasi semuanya.

Sunrise di Pelabuhan Lembar Lombok

Sekitar pukul 11.00 WITA kami tiba di pelabuhan Padang Bai Bali, mampir sebentar buat beli oleh-oleh lalu kami langsung melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang ke pulau Jawa. Kami tiba di pelabuhan gilimanuk sekitar jam 15.30 dan rest di masjid sebelum pelabuhan untuk Shalat Dzuhur dan Ashar sekaligus makan sore. Dilanjutkan dengan menyebrang ke banyuwangi. Kali ini kami naik Kapal reguler waktu penyebrangan kurang lebih 1 jam.

Beli oleh-oleh di Bali

di perjalanan antara Gilimanuk dan Ketapang

menjelang sunset di pelabuhan gilimanuk

Karena saat tiba di banyuwangi sudah menjelang maghrib kami langsung gas untuk menghindari gelapnya Hutan Baluran :D. 2 jam perjalanan saat sedang riding kecepatan tinggi di daerah Pasir Putih Situbondo, tiba-tiba ada 2 motor New cb150r nyalip rombongan dan langsung kasih kode untuk minggir. Oalahh, ternyata member dari HSFCI Situbondo yang sudah memantau perjalanan kita sejak lepas dari banyuwangi hehehe. Akhirnya kita mampir sebentar sekalian Shalat Maghrib dan Isya. Luar biasa jamuan dr HSFCI Situbondo, kenyanglah pokoknya dapat makan malam. Thanks Cak Peer dan teman2 situbondo lainnya.

bersama keluarga HSFCI Situbondo

Cak Peer menawarkan untuk nginap dirumahnya, namun krn kita sudah terlanjur pesan penginapan di Surabaya maka kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Baru saja gas sekitar 30 menit dari Situbondo memasuki daerah kraksaan, kembali kejadian di situbondo terulang :D. Kali ini yang nyalip kita Cak Hery HSFCI Kraksaan. Okelah kita mampir di SPBU sekalian ngopi2 cantik biar ga ngantuk, eh ternyata eh ternyata di pesenin makanan nasi juga sama beliau padahal 30 menit sebelumnya kami baru makan. Alhamdulillah rezeki gak boleh ditolak hahaha..

ngopi bareng HSFCI Kraksaan

Selesai di Kraksaan kami langsung gaspol menuju Surabaya dengan kondisi perut kekenyangan. Alhamdulillah. Singkat kata kami tiba di Surabaya sekitar pukul 02.00 WIB dini hari dan langsung beristirahat karena kondisi sudah lelah sekali.

Day 7 – Senin 17 April 2017 – keliling Surabaya dan kembali Ke Tangerang

Hari terakhir ini kami fokuskan untuk explore Surabaya, cari oleh-oleh, antar motor ke stasiun untuk dikirim ke Jakarta.

Kami Checkout dari Penginapan sekitar jam 12.00 WIB dan di jemput oleh Mas Dimas HSFCI Surabaya setelah sebelumnya saya berkordinasi dengan Mas Candra HSFCI Surabaya. Keluar dari penginapan kami mampir beli oleh2 dan dilanjut dengan makan siang di BaseCamp HSFCI Surabaya yang tempatnya asik banget. Mas Candra pun menyusul dari tempat kerjaannya menuju basecamp.

oleh oleh surabaya

Basecamp HSFCI Surabaya

Lanjut setelah makan siang, kami sempatkan Cuci Steam Motor karena motor udh “buluk” banget dan biar ga lecet saat dipacking nantinya. Setelah itu kami menuju Patung Sura & Baya dilanjutkan dengan mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Patung Sura & Baya

Tugu Pahlawan

Karena waktu sudah mepet kami langsung menuju ke stasiun Semut untuk kirim motor ke Jakarta. ada cerita lucu, jadi awalnya saya janjian via telepon dengan KALOG Express dengan harga 275rb untuk nmax dan 300rb untuk CB150R dengan packing standar kardus, karena saya compare sebelumnya dengan ekspedisi KI8 Express mereka kasih harga 500rb. Namun tanpa tersadar saat di gudang logistik justru kami diarahkan ke pengiriman KI8 Express dengan biaya 1.4 juta untuk 4 motor (kira2 per motor 350rb) dengan kondisi motor full box dan packing plastik plus busa. Yasudahlah gpp toh dapet harga terjangkau juga :D. Intinya pengiriman motor via ekspedisi kereta api itu harganya masih bisa nego tergantung jago2nya kita aja hahaha.

Terima kasih sebesar2nya untuk Mas Candra dan member HSFCI Surabaya lainnya yang sudah mengkondisikan kita semaksimal mungkin saat di Surabaya.

Selesai loading motor di stasiun jam 17.30 WIB, kita langsung pesan taxi menuju Bandara Juanda Surabaya untuk kejar flight pukul 20.00 WIB. Agak was was juga takut telat karena kondisi orang pulang kantor dan Surabaya macetnya mirip2 Jakarta. Alhamdulillah ternyata cuma 1 jam perjalanan kita sudah sampai di Bandara Juanda Surabaya. Perjalanan menuju Tangerang Alhamdulillah lancar tanpa kendala dan pukul 21.30 WIB kami semua sudah tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

perjalanan pulang ke Tangerang via Pesawat

Sekian pengalaman yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang punya keinginan melakukan perjalanan serupa.

Terimakasih juga buat roadmate saya selama perjalanan Rendy, Adhi , Fatur untuk perjalanan yang menyenangkan dan juga saling mengingatkan beribadah kepada Allah SWT. Masya Allah.

Mungkin di lain waktu kita bisa gas bareng lagi ke tujuan yang pastinya lebih seru lagi. 🙂

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Dymas Arya Hutama

Comments
  1. toejah says:

Mantab mas catatan perjalanannya. Semoga makin sukses.

Leave a comment / komennya dong gan..