Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Bismillah, kali ini saya pengen sharing aja pengalaman 1 tahun pakai Honda CB400 Superfour yang legend itu :). Sebenernya ini motor sudah saya jual tahun lalu tapi kepikiran aja pengen nulis karena kangen. Dan juga sepertinya agak panjang ceritanya hehe.
Yes, motor legend 4 silinder Honda ini emang ngangenin dr segi suara khasnya, dan juga bentuk nya yg “easy to modify” ke aliran modif apapun. Motor yang saya pakai ini keluaran tahun 1997 dengan power 53 HP@11000 rpm dan Torsi 36 Nm@10000 rpm. Ciri khas motor 4 silinder peak power ada di RPM atas. Spek lengkapnya bisa cek di https://en.wikipedia.org/wiki/Honda_CB400SF
Welcome Home – Hunting
Diskusi sama istri, saya putuskan mau ambil motor 4 silinder 400cc, pilihan ada 2 yaitu Suzuki Bandit 400 dan Honda CB400 karena saya suka model yang non fairing. Akhirnya pilihan jatuh ke CB400 karena saat test ride cocok sama karakter saya, di bawa pelan enak, radius putar stang lebih jauh, putaran atas sama2 galak antara bandit dan cb400.

Saat Hunting pemilihan motor antara CB400 & Suzuki Bandit 400
First Time Use – Adaptation
Oke saya mulai mencoba adaptasi sama ini motor. Impresi awal riding position mirip2 sama Honda Tiger tapi dengan bobot yang lebih berat. Suara motornya (knalpot sudah di ganti aftermarket) cukup mengintimidasi pengguna jalan lain padahal saya cuma jalan pelan aja. Di masa pemakaian awal saya cuma melakukan minor modification saja meliputi :
- Repaint Velg Gold
- Windshield
- Spion Ori CB400
- Handguard Expedition
Oiya karena bentuk motor CB400 ini mirip2 sama Megapro, Tiger, dan Thunder. Beberapa kali saat mau masuk parkiran moge di mall selalu distop dulu sama security, tp cukup mainkan Gas aja langsung ngerti kok securitynya hahaha. Sebenernya ini motor masuk2 aja di parkiran reguler, cuma karena bobotnya yang lumayan berat agak susah juga ngegeser-gesernya klo lagi penuh parkiran.
Motor ini sudah saya coba pakai touring ke Darajat Pass Garut tanpa masalah handlingnya enak, dan sempat saya coba meliuk2 di Sirkuit Safety Riding Course milik Wahana Honda di Jatake.

Photoshoot @ Alam Sutera Tangerang

Touring Darajat Pass Garut

Safety Riding Course
Maintenance
Untuk maintenance Honda CB400 ini sebenernya ga susah karena beberapa fast moving part nya ada kesamaan dengan motor atau kendaraan lainnya. Berikut beberapa part nya
- Busi pakai tipe NGK CR8EHIX-9 Iridium (gampang di cari di market place harga kisaran 90-100rb per pcs). Butuh 4 Pcs. Ganti setiap 5-10rb km tergantung kondisi pembakaran.
- Filter oli –> bisa pakai Kawasaki Ninja 250/ER6, Honda Jazz, Nissan Grand Livina. Merek ada Sakura, K&N, Kawasaki, Honda (Harga dari 25rb – 250rb tergantung merk). Ganti setiap 2x ganti oli
- Oli –> Pakai apa saja spek nya 10W-40. Butuh 3 Liter. Ganti setiap 2500km kalau saya
- Kampas Rem depan dan belakang –> subtitusi bisa pakai Honda CBR250R non ABS, bisa pakai merk bendix kalau mau menghemat. Ganti setiap 2-3 bulan atau sesuai pemakaian.
- Radiator Coolant –> Saya pakai engine ice. Cek berkala kalau ada kebocoran. Flushing tiap tahun.
Untuk bengkel rekomendasi dari saya untuk CB400 ini bisa ke Bengkel Mang Endang Bekasi, Firman Gambot Gading Serpong. Sekarang saya liat di Instagram Bengkel Teras MotorSport di jalan Panjang Kebon Jeruk juga bisa jadi rujukan servis/Tune Up CB400. Pengerjaan Tune Up meliputi bersih-bersih karburator, busi, ganti oli, pengecekan ringan dan yang paling penting Carb Balancing / Sinkronisasi biar semua silinder balance ga pincang. Untuk Biaya Tune Up sekitar 250-400rb tergantung bengkel. Terakhir sih saya Tune Up ke Bengkel Firman Gambot karena dekat kantor.

Tune Up + Carb Balancing @ Endang Motor

Tune Up + Carb Balancing @ Bengkel Firman Gambot
Modification – Part 1
Emang gatel gak bisa liat motor bentuknya standar2 aja dan keracunan foto2 di internet akhirnya saya kepikiran untuk meng-Custom ini motor.
Referensi modif part 1 ini ada lah bentuknya seperti ini dengan Konsep Flat Cafe Racer. Untuk pengerjaannya di Bengkel Custom RawknRawlGarage
Progres….

Progress
Setelah proses pengerjaan sekitar 3 minggu akhirnya selesai juga. Proses pengerjaan meliputi
- Custom rangka belakang
- Custom plat besi untuk body belakang
- Aftermarket tail lamp & headlamp
- Headlamp grill
- Slip on exhaust model supertrapp
Finish – Part 1

Finish
Modification – Part 2
Modification Part 1 yang sudah saya jelaskan bertahan kurang lebih 5 bulan, dan emang karena sy bosenan hehehe akhirnya pengen coba bentuk baru lagi tp dengan sistem knock down artinya tetap bisa di pasang sesuai part 1 juga.
Konsep custom part 2 ini adalah Brat Cafe referensi nya seperti ini.
Kali ini untuk pengerjaan custom saya percayakan ke Ajat Custom di Karang Mulya Tangerang
Progress…
Setelah proses pengerjaan sekitar 2 minggu meliputi
- Custom rangka belakang
- Custom fender depan dan belakang
- Repaint velg black
- Custom seat
Beginilah hasil akhirnya
Ajib pokoknya klo dijalanan dilirik lirik manja deh hehehehe.
Setelah kurang lebih saya pakai 1 tahun akhirnya saya putuskan untuk menjualnya untuk mencoba moge lainnya. Sampai saat ini masih kebayang bayang trus semoga suatu saat bisa kebeli lagi yang versi VTEC Revo 3. Amin hehehe
Oiya setelah saya jual ini motor beberapa kali berubah bentuk klo saya pantau di socmed. Emang takdirnya di custom mulu emang nih motor. Beberapa penampakannya sebagai berikut
Untuk yang pengen denger suaranya bisa dilihat disini Video CB400 Brat Cafe & Video Safety Riding Course
Sekian pengalaman saya menggunakan Honda CB400. Pokoknya gak nyesel deh punya motor ini, semoga bermanfaat buat yang lagi cari CB400.
Terima Kasih sudah membaca.
Dymas Arya Hutama
Cb 400 mah suaranya yg ngangenin, saya pernah nyoba pake yang cb 400 sf
betul mas, ini juga cb400sf
Yg ini masih karbu ya om?, dulu yg tk coba sudah versi injeksi, itu yg revo bukan?
Iya masig karbu. Oh yg injeksi brrti yg tipe NC42. VTEC revo spek 3. Buntut belakangnya lancip
Yap iyaa, yg buntut belakangnya udah lancip 😀
Eh iya yg injeksi hyper vtec Revo start dr tahun 2008
untuk konsumsi bensin gimana bro kalau buat daily?
Dalam kota sekitar 1:18-20
Bro, ini FP/NP ? Klo NP dipke buat harian gt aman gk ya klo ketilang ..hehee..lg pgn ngeboyong ni cb bro..mantap pisan..
Trs mw nanya jg ni bro..klo karbunya rusak 1 ckup gnt 1 ato mest semuanya bro ?
NP. Klo ketilang ya untung2an. Worst case nya ya ngandang motornya. Karbunya 4 barrel nyambung smua. Rusak 1 ganti semua. Klo cuma dalemannya doang yg rusak ada yg jual repair kitnya
biasanya nyari2 moge kayak gini yang klasik dimana sih bro? kurang pengalaman nih soal nyari2 moge klasik
Banyak di IG atau FB jual beli moge
Bro bedanya vtech sama superfour itu apa ya? Klo belinya dah dalam keadaan custom biar kita tau ini vtech atau SF.